KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA MENGAJAR DAN KEDISILINAN GURU SD SE-KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR
OLEH :
ARIS SUHUD
1510248098
PROGRAM PASCA SARJANA
MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN
UNIVERSITAS RIAU
2016
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Penyelenggaraan
persekolahan dalam proses blajar mengajar selama ini tidak lepas dari berbagai kritikan
masyarakat. Beberapa kalangan menyayangkan perubahan kepemimpinan kepala sekolah merubah budaya belajar
siswa maupun warga sekolah keseluruhan. Berkaitan dengan perubahan kultur
organisasi sekolah, diperlukan medium yang dinamakan organisasi itu sendiri. kepemimpinan sekolah merujuk pada kualitas dan karakter kehidupan sekolah yang
didasarkan pada pengalaman-pengalaman, norma, tujuan, nilai, hubungan
antarpersonal, proses belajar mengajar dan praktek kepemimpinan serta struktur
organisasi yang ada di sekolah.
Kepemimpinan
kepala sekolah yang
positif ditandai secara kuat dengan kesadaran warga sekolah internal untuk
menjadikan sekolah sebagai learning community atau komunitas pembelajar
(National School Climate Council, 2007). Learning community yang
merupakan adaptasi dari konsep learning organization, diartikan sebagai
keterhubungan antara warga sekolah, dimana mereka terlibat bersama secara
dialogis untuk berbagi pengetahuan, norma, nilai, keterampilan yang bermuara
pada kemajuan bersama.
Faktor lain
yang menjadi pendukung terciptanya suatu pembelajaran yang efektip dan kondusif adalah cara manajerial kepala sekolah. Manajemen
berkaiatan erat antara pencapaian tujuan dan cara memanfaatkan sumber-sumber
daya yang dapat digunakan. Kepala sekolah dalam kehidupan sekolah melaksanakan
fungsi ganda, yaitu sebagai administrator, manajer dan sebagai supervisor.
Kemampuan kepala sekolah dalam membuat dan mengarahkan keputusan yang telah
ditetapkan merupakan faktor yang krusial dalam kesuksesannya sebagai
administrator.
Terkadang masih
sering dijumpai kondisi kurang disiplinnya para tenaga pengajar dan tidak kondusifnya proses pengajaran
yang ada di sekolah SD se-Kecamatan Rumbio Jaya. Seharusnya kepala sekolah mampu menciptakan kedisiplinan dan suasana sekolah yang tenang juga nyaman
untuk seluruh warga sekolah. Kemudian sering juga dijumpai, kepala sekolah yang
masih belum mampu memanajerial administrasi sekolah dengan baik. Akibatnya
adalah, masih ada beberapa urusan sekolah, baik itu yang menyangkut urusan
sekolah secara keseluruhan, ataupun administrasi para guru yang kurang beres.
Disinilah dituntut adanya pengelolaan administrasi, manajerial kepala sekolah
yang baik, sehingga tercipta lingkungan sekolah yang kondusif, serta
administrasi sekolah yang lancar.
Kinerja guru adalah kemampuan seorang
guru untuk melakukan perbuatan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, yang
mencakup aspek perencanaan program belajar mengajar, pelaksanaan proses belajar
mengajar, penciptaan dan pemeliharaan kelas yang optimal, pengendalian kondisi
belajar yang optimal, serta penilaian hasil belajar. Kinerja sangat penting
dalam menentukan kualitas kerja seseorang, termasuk seorang guru.
Hasil pengamatan yang dilakukan oleh
supervisor, tampak sebagaian guru SD
se-Kecamatan Rumbio Jaya
belum menunjukkan kinerja baik dalam menjalankan tugas dan fungsinya, artinya
sesuai dengan tugas pokok dan fungsi guru, seperti: kegiatan dalam merencanakan
progam pengajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, melaksanakan penilaian,
melaksanakan ulangan harian, menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan
pengayaan serta mengadakan pengembangan bidang pengajaran yang menjadi tanggung
jawabnya.
Oleh sebab itu salah satu tugas kepala
sekolah adalah untuk bisa menciptakan guru profesional agar bisa bekerja sesuai
dengan pengarahan yang diberikan. Sehingga penilaian kinerja guru pada dasarnya
merupakan penilaian yang sistematik terhadap penampilan kerja guru itu sendiri
terhadap taraf potensi kerja guru dalam upaya mengembangkan diri untuk
kepentingan sekolah.
Berdasarkan uraian latar berlakang di
atas, maka penelitian ini bermaksud mengungkap kontribusi kepala sekolah dan kemampuan
manajerial kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru SD se-Kecamatan Rumbio Jaya.
1.2 Rumusan
Masalah
Berdasarkan identifikasi
masalah diatas, maka maslah penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut :
1. Seberapa
besar kontribusi kepala
sekolah terhadap kinerja mengajar guru SD
se-Kecamatan Rumbio Jaya?
2. Seberapa
besar pengaruh manajerial kepala
sekolah terhadap kedisiplinan dan
kinerja
mengajar guru SD
se-Kecamatan Rumbio Jaya?
1.3 Tujuan
dan Manfaat Penelitian
1.3.1
Tujuan Penelitian
1. Untuk
mengetahui besarnya kontribusi kepala
sekolah terhadap kinerja mengajar guru SD
se-Kecamatan Rumbio Jaya.
2. Untuk
mengetahui manajerial kepala sekolah terhadap kedisiplinan dan kinerja mengajar guru SD
se-Kecamatan Rumbio Jaya
1.3.2
Manfaat Penelitian
1. Manfaat teoritis bahwa penelitian ini
menguji teori-teori kemampuan manajerial kepala sekolah, bahwa keterampilan
manajerial berkorelasi dengan kedisiplinan dan kinerja mengajar guru yang padaakhirnya
menentukan mutu pendidikan.
2. Menambah kajian pustaka tentang illmu
manajemen pendidikan, khususnya berkenaan dengan kepemimpinan kepala sekolah, keterampilan manajerial
Kepala Sekolah, dan kinerja mengajar guru.
Keren...Ari..posting yg banyak...
BalasHapushaha.........
BalasHapusiya k3...
blog k3 juga keren