Senin, 16 Mei 2016

RANCANGAN SINOPSIS






KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA MENGAJAR DAN KEDISILINAN GURU SD SE-KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR





OLEH :
ARIS SUHUD
1510248098








PROGRAM PASCA SARJANA
MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN
UNIVERSITAS RIAU
2016






BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Penyelenggaraan persekolahan dalam proses blajar mengajar selama ini tidak lepas dari berbagai kritikan masyarakat. Beberapa kalangan menyayangkan perubahan kepemimpinan kepala sekolah merubah budaya belajar siswa maupun warga sekolah keseluruhan. Berkaitan dengan perubahan kultur organisasi sekolah, diperlukan medium yang dinamakan organisasi itu sendiri. kepemimpinan sekolah merujuk pada kualitas dan karakter kehidupan sekolah yang didasarkan pada pengalaman-pengalaman, norma, tujuan, nilai, hubungan antarpersonal, proses belajar mengajar dan praktek kepemimpinan serta struktur organisasi yang ada di sekolah.
Kepemimpinan kepala sekolah yang positif ditandai secara kuat dengan kesadaran warga sekolah internal untuk menjadikan sekolah sebagai learning community atau komunitas pembelajar (National School Climate Council, 2007). Learning community yang merupakan adaptasi dari konsep learning organization, diartikan sebagai keterhubungan antara warga sekolah, dimana mereka terlibat bersama secara dialogis untuk berbagi pengetahuan, norma, nilai, keterampilan yang bermuara pada kemajuan bersama.
Faktor lain yang menjadi pendukung terciptanya suatu pembelajaran yang efektip dan kondusif adalah cara manajerial kepala sekolah. Manajemen berkaiatan erat antara pencapaian tujuan dan cara memanfaatkan sumber-sumber daya yang dapat digunakan. Kepala sekolah dalam kehidupan sekolah melaksanakan fungsi ganda, yaitu sebagai administrator, manajer dan sebagai supervisor. Kemampuan kepala sekolah dalam membuat dan mengarahkan keputusan yang telah ditetapkan merupakan faktor yang krusial dalam kesuksesannya sebagai administrator.
Terkadang masih sering dijumpai kondisi kurang disiplinnya para tenaga pengajar dan tidak kondusifnya proses pengajaran yang ada di sekolah SD se-Kecamatan Rumbio Jaya. Seharusnya kepala sekolah mampu menciptakan kedisiplinan dan suasana sekolah yang tenang juga nyaman untuk seluruh warga sekolah. Kemudian sering juga dijumpai, kepala sekolah yang masih belum mampu memanajerial administrasi sekolah dengan baik. Akibatnya adalah, masih ada beberapa urusan sekolah, baik itu yang menyangkut urusan sekolah secara keseluruhan, ataupun administrasi para guru yang kurang beres. Disinilah dituntut adanya pengelolaan administrasi, manajerial kepala sekolah yang baik, sehingga tercipta lingkungan sekolah yang kondusif, serta administrasi sekolah yang lancar.
Kinerja guru adalah kemampuan seorang guru untuk melakukan perbuatan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, yang mencakup aspek perencanaan program belajar mengajar, pelaksanaan proses belajar mengajar, penciptaan dan pemeliharaan kelas yang optimal, pengendalian kondisi belajar yang optimal, serta penilaian hasil belajar. Kinerja sangat penting dalam menentukan kualitas kerja seseorang, termasuk seorang guru.
Hasil pengamatan yang dilakukan oleh supervisor, tampak sebagaian guru SD se-Kecamatan Rumbio Jaya belum menunjukkan kinerja baik dalam menjalankan tugas dan fungsinya, artinya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi guru, seperti: kegiatan dalam merencanakan progam pengajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, melaksanakan penilaian, melaksanakan ulangan harian, menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan serta mengadakan pengembangan bidang pengajaran yang menjadi tanggung jawabnya.
Oleh sebab itu salah satu tugas kepala sekolah adalah untuk bisa menciptakan guru profesional agar bisa bekerja sesuai dengan pengarahan yang diberikan. Sehingga penilaian kinerja guru pada dasarnya merupakan penilaian yang sistematik terhadap penampilan kerja guru itu sendiri terhadap taraf potensi kerja guru dalam upaya mengembangkan diri untuk kepentingan sekolah.
Berdasarkan uraian latar berlakang di atas, maka penelitian ini bermaksud mengungkap kontribusi kepala sekolah dan kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru SD se-Kecamatan Rumbio Jaya.


1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah diatas, maka maslah penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.      Seberapa besar kontribusi kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru SD se-Kecamatan Rumbio Jaya?
2.      Seberapa besar pengaruh manajerial kepala sekolah terhadap kedisiplinan dan kinerja mengajar guru SD se-Kecamatan Rumbio Jaya?

1.3  Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.3.1        Tujuan Penelitian
1.      Untuk mengetahui besarnya kontribusi kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru SD se-Kecamatan Rumbio Jaya.
2.      Untuk mengetahui manajerial kepala sekolah terhadap kedisiplinan dan kinerja mengajar guru SD se-Kecamatan Rumbio Jaya

1.3.2        Manfaat Penelitian
1.      Manfaat teoritis bahwa penelitian ini menguji teori-teori kemampuan manajerial kepala sekolah, bahwa keterampilan manajerial berkorelasi dengan kedisiplinan dan kinerja mengajar guru yang padaakhirnya menentukan mutu pendidikan.
2.      Menambah kajian pustaka tentang illmu manajemen pendidikan, khususnya berkenaan dengan kepemimpinan kepala sekolah, keterampilan manajerial Kepala Sekolah, dan kinerja mengajar guru.

2 komentar: